Tips Agar Nyaman Berhijab Di Bulan Ramadhan

Tips Agar Nyaman Berhijab Di Bulan Ramadan —- Momen Ramadan identik dengan nuansa ibadah, tak jarang juga kaum hawa menjadikan momen tersebut sebagai waktu yang tepat untuk memulai berhijab. Namun, cuaca panas kadang menghalangi niat baik tersebut. Berhijab jadi gerah, gatal, lepek bahkan bau.

Lingkungan mempengaruhi mood. Jangan sampai, masalah kulit kepala hingga salah memilih hijab membuat kamu tidak nyaman dan mengganggu kelangsungan ibadah di bulan suci ini.

Untuk itu, Saya mau memberi tips seputar hijab, supaya berhijab tetap terasa adem. Yuk simak, Ladies!

PILIH BAHAN HIJAB YANG ADEM

Salah satu cara agar berhijab tetap nyaman dan adem adalah dengan menggunakan memilih bahan kerudung yang tepat. Hijab dengan bahan katun dan kaos merupakan pilihan tepat, sebab kedua bahan tersebut memiliki serat yang cukup renggang sehingga mampu menyerap udara lebih banyak sehingga kepala tidak terasa gerah.

Sebaliknya, hindari bahan hijab lainnya seperti satin karena kurang bisa efektif menyerap keringat.

PAKAI HIJAB HANYA KETIKA RAMBUT KERING

Ladies pernah gak sih, terburu-buru memakai hijab padahal rambut baru keramas? Akibatnya berhijab jadi nggak nyaman karena rambut jadi lepek dan bau serta kepala biasanya jadi pusing karena masuk angin. Selain itu, jika jadi kebiasaan, memakai hijab saat rambut masih basah juga memicu timbulnya ketombe yang amat mengganggu.

Jika terburu-buru, keringkan rambut dengan hair dryer atau memakai bantuan kipas angin. Atau atur waktu, misalnya jangan keramas sesaat sebelum pergi.

IKATLAH RAMBUT SAAT BERHIJAB

Meskipun memakai ciput, mengikat rambut saat berhijab sangat disarankan. Selain agar tidak gerah dan gampang berkeringat, rambut yang diikat pun membantu kamu untuk tampil lebih rapi.

Jangan lupa untuk mencuci ikat rambut minimal seminggu sekali dan jangan sekali-kali mengikat rambut dalam kondisi rambut masih basah.

PILIHLAH MODEL HIJAB YANG SIMPEL

Tutorial-tutorial hijab yang betebaran di media sosial memang menggiurkan banget ya, Ladies. Lucu-lucu, cantik dan kreatif. Namun, ada baiknya kamu memilih model yang simpel agar tetap nyaman berhijab saat menjalani aktivitas di di bulan Ramadan.

Model hijab yang simpel juga memungkinkan kamu untuk bergerak lebih bebas tanpa takut awut-awutan. Sedangkan hijab yang bertumpuk-tumpuk tentu akan membuat kulit kepala terasa lebih cepat gerah.

Dalam memilih model hijab, yang penting adalah sesuai dengan acara yang akan kamu datangi. Jangan sampai terlalu berlebihan, yang penting nyaman. Cobalah untuk lebih bermain dalam pilihan warna dan motif, alih-alih membuat model hijab yang ribet atau bertumpuk-tumpuk.

JAGA KEBERSIHAN RAMBUT

Nah, yang tidak kalah penting dalam urusan berhijab adalah menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala. Meskipun tertutup, mahkota perempuan tentu harus dijaga dan dirawat. Setidaknya, cucilah rambut minimal dua hari sekali.

Pilih sampo yang sesuai dan jangan asal wangi. Jika memungkinkan, cuci rambut dengan air panas dan ulangi keramas hingga dua kali atau sampai rambut terasa benar-benar bersih.

PERTIMBANGKAN PAKAI SAMPO KHUSUS HIJAB

Kata siapa semua sampo itu sama? Nyatanya, 9 dari 10 wanita membuktikan, sampo khusus hijab terasa lebih segar di kulit kepala. Produk sampo khusus hijab yang dijual di pasaran memang memberikan formula yang lebih baik untuk menjaga kelembaban dan kekuatan rambut.

Sampo hijab biasanya terdiri dari bahan alami atau bahan-bahan lain yang bisa menyejukkan kepala seperti cool menthol, ZPT, wewangian, hingga antioksidan yang didapat dari bahan-bahan alami seperti buah tin, buah promegranate, buah anggur dan sebagainya.

GUNAKAN PRODUK PERAWATAN RAMBUT TAMBAHAN

Merawat dan menjaga rambut tidak cukup hanya mengandalkan sampo saja lho, Ladies. Produk perawatan lain seperti conditioner, hair mask atau toner juga diperlukan. Selayaknya kulit tubuh, rambut dan kulit kepala pun butuh perawatan ekstra.

Lakukan creambath minimal dua minggu sekali. Tidak perlu ke salon, creambath sendiri di rumah juga bisa. Manfaatkan bahan-bahan alami yang baik untuk rambut. Kalau mau simpelnya, gunakan krim instan untuk creambath atau masker rambut yang banyak dijual di pasaran.

BERI NUTRISI DARI DALAM

Setelah memperhatikan dari luar, jangan lupa bahwa rambut dan kulit kepala pun butuh nutrisi. Konsumsi makanan yang baik untuk rambut dan kulit kepala, seperti telur, bayam, salmon, wortel, kacang dan biji-bijian.

Pernah dengar air rebusan kacang hijau baik untuk rambut? Caranya, ambil air dari rebusan kacang hijau sesaat sebelum diberi santan atau gula. Saring hingga bersih kemudian minum. Rambut jadi lebat dan bercahaya!

Perhatikan pula hidrasi tubuh. Minum air yang cukup, apalagi saat bulan puasa seperti ini. Pastikan minum air sebelum makan sahur, sesudah makan sahur, sesaat setelah berbuka, sebelum menyantap hidangan hingga malam hari sebelum tidur.

Ladies, itu dia beberapa tips dari Loper agar tetap nyaman berhijab di bulan Ramadan. Semoga istiqomah!