Cara Menghilangkan Bekas Luka Dengan Bahan Alami

Cara Menghilangkan Bekas Luka Dengan Bahan Alami—Menghilangkan bekas luka pada kulit sebaiknya menggunakan bahan yang alami agar tidak menimbulkan iritasi lebih lanjut.

Bagian Kulit sangat sensitif pada setiap perubahan. Melalui tips kecantikan kali ini, akan dibahas mengenai cara menghilangkan bekas luka dengan benar.

Sebelum membahas tentang bagaimana cara menghilangkan bekas luka lama secara alami perlu anda sadari juga bahwa menghilangkan bekas luka tidaklah semudah membalikan tangan karena kulit kita membutuhkan proses dan waktu yang tidak sebentar untuk meregenerasi sel kulit.

Mungkin saat ini sudah banyak sekali produk penghilang bekas luka yang dapat anda beli dipasaran. Namun bagi anda yang ingin mencoba cara alami, anda dapat memanfaatkan berbagai bahan alami yang ada disekitar kita.

Kenapa memilih bahan alami untuuk menghilangkan bekas luka daripada bahan kimia yang banyak dijual di toko obat?. Alasan mendasar yaitu faktor keamanan, bahan alami cenderung lebih aman tanpa perlu kita memikirkan efek samping yang akan diakibatkan. Sedangkan obat kimia cenderung memiliki resiko efek samping yang bisa berdampak serius jika tidak cocok dengan kulit kita.

Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami

Beberapa orang yang memiliki bekas luka memang terkadang risih, apalagi jika bekas luka yang ada terlihat oleh orang lain. Misalnya saja, bekas luka ada di tangan, wajah, kaki, dan bagian tubuh lain yang bisa terlihat orang.

Bekas luka yang bisa saja Anda dapat karena luka bakar, luka jatuh, luka terbentur, dan semacamnya itu dapat dihilangkan dengan menggunakan bahan-bahan alami sebagai berikut. Mengobati bekas luka dengan bahan alami sangat minim efek samping.

Berikut ini Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami Dan Permanen:

Menghilangkan bekas luka dengan mentimun

Cara pertama yang kita bahas yaitu menggunakan buah Mentimun untuk menghilangkan bekas luka di kulit anda. Bagaimana cara mengolahnya? Buah Mentimun dengan nama latin Cucumis Sativus ini kaya akan kandungan Vitamin C-nya. Selain itu, ia juga banyak mengandung potasium yang bagus menangkal efek radikal bebas. Mentimun juga banyak mengandung air.

Menurut salah seorang ahli kulit asal Nebraska, Joel Schlesinger menyatakan bahwa buah Mentimun memiliki kandungan zat Silika (zat yang mampu meningkatkan produksi kolagen serta mencegah keriputan).

Tak heran, jika banyak produk kecantikan menggunakan bahan alami Mentimun ini. jerawat juga salah satunya dengan menggunakan Mentimun. Sedangkan untuk mengatasi bekas luka adalah dengan cara menghaluskan buah Mentimun yang telah dikupas dan dicuci bersih.

Anda bisa menghaluskan buah Mentimun tersebut dengan cara memblendernya atau menumbuk halus. Setelahnya, oles-oles pada bekas luka dan biarkan sepanjang malam. Gunakan secara rutin, bekas luka perlahan akan menghilang.

Menghilangkan bekas luka dengan madu

Cara menghilangkan bekas luka dengan bahan alami selanjutnya yakni menggunakan madu. Siapa yang menyangka dengan menggunakan madu, perlahan bekas luka Anda akan menghilang. Selain itu juga madu mampu menghilangkan bekas luka lama dan cukup ampuh. Pertama-tama, pilihlah madu yang alami, jangan yang sudah bercampur dengan bahan tambahan lain. Oles-oles madu ke bekas luka di tubuh Anda. Diamkan selama kurang lebih 30 menit. Setelahnya, bilaslah dengan air bersuhu hangat. Lakukan secara rutin beberapa kali dalam seminggu.

Menghilangkan bekas luka menggunakan teh

Bahan alami selanjutnya, Anda dapat menggunakan teh. Teh yang digunakan untuk menghilangkan bekas luka ialah jenis teh hijau. Teh hijau kaya akan antioksidan (EGCG). Antioksidan terbukti 200 kali lipat lebih hebat menyehatkan kulit daripada vitamin E.

Antioksidan dapat berperan baik dalam mencegah jerawat, membuat kulit menjadi lebih mulus, mengurangi produksi minyak berlebih, dan tentunya membantu menyamarkan bekas luka. Caranya, gunakan ampas teh pada bekas luka, diamkan selama 30 menit, bilas bersih. Mudah bukan?
Menarik: Cara Menghilangkan Flek di Wajah

Menghilangkan bekas luka dengan daun pare

Cara menghilangkan bekas luka berikutnya yakni dengan menggunakan daun Pare. Pare yang terkenal dengan kepahitannya itu ternyata mengandung khasiat tinggi untuk menghilangkan bekas luka.

Bukan buahnya, yang digunakan untuk menghilangkan bekas luka adalah daun Pare. Caranya, haluskan beberapa lembar daun Pare yang sudah dicuci bersih sebelumnya. Jangan lupa tambahkan air hangat.

Peraslah daun pare tersebut, gunakan sarinya untuk mengolesi bekas luka pada tubuh Anda. Lakukan sesering mungkin (beberapa kali seminggu) untuk menggunakan hasil maksimal. Bilas dengan air bersih setelah didiamkan selama 30 menit.

Menghilangkan bekas luka menggunakan daun mint

Cara menghilangkan bekas luka datang dari daun Mint. Mint memiliki nama latin Mentha Piperita mengandung khasiat yang hebat untuk kesehatan tubuh Anda. Biasanya, kandungan Mint dijadikan bahan tambahan bagi produk kesehatan khusus pembebas masuk angin. Ternyata, daun Mint juga berkhasiat untuk menghilangkan bekas luka. Selain itu, daun Mint juga ampuh menghilangkan bekas jerawat, memar, atau luka bakar. Cucilah dengan bersih beberapa lembar daun mint, gunakan scrubnya untuk mengolesi bekas luka Anda. Bilas bersih.

Menghilangkan bekas luka menggunakan buah mengkudu

Dalam buah mengkudu terdapat kandungan yang bermanfaat sebagai anti peradangan, selain itu buah ini juga memiliki kemampuan analgesik, sehingga mengkudu dapat membantu meregenerasi sel-sel kulit mati dan menghilangkannya. Jika anda ingin menggunakan bahan alami ini, caranya yakni dengan menghaluskan buah mengkudu dan membalurkannya pada bagian bekas luka. Diamkan 15 hingga 20 menit. Cobalah menerapkan cara ini 2-3 kali dalam seminggu dan lakukan secara rutin.

Menghilangkan bekas luka menggunakan minyak zaitun

Minyak zaitun merupakan salah satu minyak alami yang memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah untuk mengatasi bekas luka. Caranya, anda dapat mengoleskan bekas luka anda dengan minyak zaitun 2 hingga 3 kali dalam sehari, lakukan secara rutin hingga bekas luka tersebut hilang. Agar lebih efektif lakukan pemijatan secara perlahan saat anda mengoleskan minyak tersebut.

Menghilangkan bekas luka menggunakan lidah buaya

Tanaman ini biasa dikenal sebagai tanaman penumbuh rambut secara alami. Belakangan, lidah buaya juga digunakan untuk perawatan kulit. Tak heran, karena kandungan lignin dan asam amino yang terdapat pada tanaman ini dapat melembabkan kulit dan meregenerasi sel kulit.

Lidah buaya juga memiliki anti-radang yang dapat mengurangi radang pada kulit dan menghilangkan bekas luka. Caranya, cukup oleskan lendir lidah buaya pada bekas luka secara rutin. Berhati-hatilah agar tidak kena bagian getah dari lidah buaya tersebut karena getah tersebut dapat membuat kulit terasa gatal.

Nah, banyak bahan alami yang dapat anda pergunakan untuk menghilangkan bekas luka dengan sehat dan benar. Lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal. Selamat mencoba.